Sabtu, 14 Agustus 2010

Tempat pakan untuk pemeliharaan ayam bangkok

Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan ayam bangkok didalam kandang, perlu disediakan alat-alat atau perlengkapan. Misalnya tempat pakan dan air minum. Tersedia atau tidaknya peralatan sangat tergantung dari kebutuhan peternak sendiri dan tentu saja dikaitkan dengan faktor pemodalan.

Tempat pakan biasanya berbentuk panjang dan bulat, dapat dibuat dari bambu, kayu, plastik maupun seng. Tempat pakan tersebut dapat diletakkan didalam maupun diluar kandang, tergantung dari model kandang itu sendiri. Kandang model battery, koloni dan ren mempunyai tempat pakan yang ditaruh diluar. Sedangkan kandang litter tempat pakanya didalam. Untuk anak ayam, tempat pakan sebaiknya diletakkan didalam kandang, khususnya yang dipelihara tanpa induk.

Apabila tempat pakan diletakkan diluar, berarti banyak anak ayam tersebut berhubungan dengan dunia luar. Padahal pertumbuhan bulu dan pengaturan suhu tubuh belum sempurna, sehingga anak ayam gampang kedinginan. Seandaianya ditaruh didalam, maka tempat pakan itu harus diusahakan supaya tidak mudah dikais-kais, diinjak-injak maupun dikotori oleh anak ayam.
 
Central Bangkok Farm Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template